paypermails.com
richgoptr.com
workmails.org

Sabtu, 03 Januari 2009

Abdullah ibn Abdurrahman Al-Bassam

Beliau adalah Abu Abdirrahman Syaikh Abdullah ibn Abdurrahman ibn Shalih ibn Hamd ibn Muhammad ibn Hamd Al-Bassam. Beliau dilahirkan di kota keluarganya, yaitu Unaizah, Qashim tahun 1346 H (1926M). Keluarga Al-Bassam adalah keluarga yang terkenal dalam wawasan umum, kedalaman ilmu agama dan Bahasa Arab, masalah sosial politik yang dikarenakan seringnya melakukan perjalanan ke luar negeri, perhatian terhadap permasalahan negara-negara dan bangsa lain.

Perjalanan Pendidikan

Pada masa kanak-kanak, beliau belajar di sekolah milik Syaikh Abdullah ibn Muhammad Al-Qar'awy. Beliau belajar Al-Qur'an dan pokok-pokok dasar ilmu syariah. Namun, beliau dengan kawan-kawannya memfokuskan diri untuk hanya belajar tahfidz Al-Qur'an. Setelah gurunya, Al-Qar'awy, meningalkan Unaizah dan berpindah ke Wilayah Bagian Selatan (Janub Al-Mamlakah), maka beliau akhirnya bersama kakaknya sendiri, Syaikh Shalih ibn Abdurrahman Al-Bassam belajar kepada bapaknya. Keduanya belajar Al-Qur'an, tafsir, sirah nabawiyah, sejarah Islam, fiqh, dan tata bahasa Arab (Nahwu). Tentang tafsir, beliau mempelajari Tafsir Ibn Katsir, Al-Bidayah wa Al-Nihayah. Tentang fiqh, beliau belajar kitab Akhshar Al-Mukhtasharat karya Al-Balbany, dan tentang tata bahasa Arab belajar Nahwu Jurumiyah.

Disela-sela waktu belajar Al-Qur'an dari bapaknya, beliau juga menyempatkan diri mengajar tafsir. Orang tuanya banyak memotivasi beliau untuk meneruskan pendidikan agamanya, tentang keutamaan ilmu dan ulama. Orang tuanya sering mengulang-ulang wasiat, Jika datang kepadaku seorang ulama, maka itu lebih mulia bagiku daripada timbunan harta karun. Kemudian, beliau meneruskan belajarnya kepada Syaikh Al-Allamah Abdurrahman ibn Nashir Al-Sa'dy. Beliau selalu mengikuti semua pelajaran yang dilakukan Al-Sa'dy dan tidak pernah absen barang sekalipun.

Kawan-Kawan Senior

1. Syaikh Sulaiman ibn Ibrahim Al-Bassam
2. Syaikh Hamd ibn Muhammad Al-Bassam
3. Syaikh Muhammad ibn Sulaiman Al-Bassam
4. Syaikh Muhammad ibn Abdul Aziz Al-Muthawwi'
5. Syaikh Muhammad ibnManshur Al-Zamil
6. Syaikh Abdullah ibn Abdul Aziz ibn Aqil
7. Syaikh Abdurrahman ibn Muhammad Al-Maqwasyy
8. Syaih Ali ibn Muhammad Al-Shalihy
9. Syaikh Abdul Aziz Al-Muhammad Al-Salman
10. Dan yang lain-lainnya.

Kawan-kawan seperguruannya

1. Syaikh Muhammad ibn Shalih Al-Utsaimin
2. Syaikh Ali Al-Muhammad Al-Zamil
3. Syaikh Hamd Al-Muhammad Al-Marzuqy
4. Syaikh Abdul Aziz Al-Musaid
5. Syaikh Abdullah Al-Aly Al-Nuaim
6. Syaikh Abdul Aziz Al-Aly Al-Nuaim
7. Syaikh Sulaiman Al-Abdurrahman Al-Damigh
8. Syaikh Abdullah Al-Shalih Al-Valih

Beliau sangat bersungguh-sungguh dan bersemangat dalam mempelajari qiraah, baik dari Syaikhnya (Al-Sa'dy) maupun dari kawan-kawan seniornya yang sudah kami sebutkan di atas. Setelah menyelesaikan pelajaran dari Syaikh Al-Sa'dy, beliau juga menyempatkan diri untuk mengulangi pelajaran tersebut dari kawan-kawan seniornya.

Pelajaran-pelajaran tersebut adalah:

1. Tafsir, yang paling sering diulang-ulang adalah Tafsir Al-Jalalain, Tafsir Al-Sa'dy hingga beliau mampu menyampaikannya kembali kepada manusia dari hafalannya tanpa teks.
2. Hadits, kitab Al-Bukhary, Al-Muntaqa, dan Bulugh Al-Maram
3. Tauhid, kitab Al-Tauhid, Aqidah Wasithiyah, Syarh Aqidah Thahawiyah, dan beberapa kitab karangan Syaikh Al-Sa'dy, gurunya.
4. Ushul Fiqh, kitab yang diulang-ulang adalah Al-Waraqat dan Mukhtasar AL-Tahrir
5. Fiqh, yang diulang-ulang adalah Matan Zad Al-Mustaqni', Syarh Murbi', Al-Muntaha beserta syarh-nya, dan beberapa kitab fiqh karangan Syaikh Al-Sa'dy, gurunya.

Hafalan Beliau

Saat masih belajar, beliau banyak memilik hafalan sebagai berikut:

1. Al-Qur'an Al-Karim, hafal sejak kecil saat belajar kepada bapaknya.
2. Bulughul Maram
3. Mukhtasar Al-Muqni' (Matan Zad Al-Mustaqni')
4. Beberapa kitab tauhid dan fiqh
5. Matan Al-Waraqat fii Ushul Al-Fiqh
6. Al-Qathr fii Al-Nahwy
7. Alfiah ibn Malik fii Al-Nahwy wa Al-Sharf

Adapun hafalan-hafalan berikutnya, beliau peroleh saat belajar kepada Syaikh Al-Sa'dy. Beliau bermajelis kepada Al-Sa'dy selama 8 tahun

Aktivitas beliau

Selama belajar di Syaikh Al-Sa'dy, beliau sudah diminta oleh masyarakatnya di Unaizah untuk mengimami shalat tarawih dan tahajjud di bulan Ramadhan dan memberikan ceramah motivasi di 10 malam terakhir Ramadhan. Sejak dibukanya Dar Al-Tauhid di kota Thaif, beliau melihat ada beberapa cabang ilmu yang tidak diajarkan gurunya. Beliau pun melakuk melakukan penelaahan terhadap apa yang beliau pelajari dari guru-gurunya. Tahun 1365 H beliau berhaji. Di sana, beliau berjumpa dengan dengan ketua Dar Al-Tauhid, yaitu Syaikh Muhammad ibn Abdul Aziz fk Mani' di rumahnya di Makkah. Di sana beliau memberikan kuliah yang membuat Syaikh ibn Mani' sangat terkesan atas materi dan metode serta hafalannya. Maka Syaikh ibn Mani' meminta beliau untuk mengajar di sana. Beliau menjumpai para ulama senior, baik dari Al-Azhar maupun yang lainnya yang juga mengajar di Dar Al-Tauhid, seperti Syaikh Abdurrazaq Afify, Syaikh Muhammad Husain Al-Dzahaby, Syaikh Abdullah Al-Shalih Al-Khulaify, dan yang lainnya.

Profesi

Setelah beliau menyelesaikan pendidikan tahun 1374H, beliau memulai profesinya sebagai berikut:

1. Menjadi hakim pada masalah-masalah tertentu dan mendesak, di Makkah
2. Pengajar resmi di Masjidil Haram
3. Anggota Rabithah Al-Alam Al-Islamy dan anggota di musim haji
4. Imam Masjidil Haram selama 3 bulan. Kemudian, pemerintah meminta beliau untuk tetap menjadi imam, namun beliau menolaknya karena kesibukan.
5. Ketua Mahkamah Kubra di kota Thaif.
6. Hakim di Mahkamah Penyelesaian Berbagai Hukum-hukum syariah di Wilayah Bagian Barat (Manthiqah Gharbiyah) yang beribukota Mekkah 1391H.
7. Ketua di Mahkamah Penyelesaian Berbagai Hukum-hukum syariah di Wilayah Bagian Barat (Manthiqah Gharbiyah) yang beribukota Mekkah 1400H hingga beliau pensiun kemudian diperpanjang beberapa tahun hingga tahun 1417H.
8. Anggota Al-Majma' Al-Fiqhy Al-Islamy (Komisi Ulama Fiqh Dunia).
9. Wakil kerajaan untuk sejumlah konferensi di luar negeri.

Karya Ilmiah

1. Berbagai buku kumpulan ceramah yang disampaikan di acara-acara Rabithah Al-Alam Al-Islamy.
2. Risalah fii Madhar wa Mafasid Taqnin Al-Syariah
3. Syarh 'alaa Kasyf Al-Syuhubat
4. Hasyiyah 'alaa Umdah Al-Fiqh
5. Taisir Al-Alam Syarh Umdah Al-Ahkam
6. Taudhih Al-Ahkam min Bulugh Al-Maram
7. Ulama Nejd Khilal Tsamaniah Qurun
8. Al-Qaul Al-Jaly fii Hukm Zakah Al-Hully
9. Al-Ikhtiyarat Al-Jaliah fii Al-Masail Al-Khilafiah
10. Dan berbagai karya yang lainnya, baik dalam ukuran tebal maupun tipis.

Murid-Murid

1. Syaikh Dr. Nashir Al-Abdullah Al-Maiman (Dosen Univ. Ummul Qura)
2. Syaikh Sya'i' ibn Muhammad Al-Dausary
3. Syaikh Abdul Qadir ibn Abdul Wahhab Baghdady
4. Syaikh Yusuf ibn Ruddah Al-Hasany
5. Syaikh Za'id Al-Haritsy (hakim di Makkah)
6. Syaikh Muhammad ibn Syarf Al-Halwany (seorang hakim di Thaif)
7. Dan lain-lain

Wafat

Beliau wafat pada Kamis pagi, waktu dhuha, 27 Dzul Qa'dah 1423H dalam usia 77 tahun karena gagal jantung. Beliau dishalatkan di Masjidil Haram, Makkah, setelah shalat Jum'at. Semoga Allah ta'alaa selalu mencurahkan rahmat-Nya kepadanya dengan seluas-luasnya. Amiin.

http://www.siwakz.net/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&cid=45&artid=114

1 komentar:

  1. Terima kasih Akhi, postingan antum telah membantu ana untuk mencari tau siapakah syaikh Abdullah al-Bassam, yang menulis syarah Bulughul Maram.
    Zaman sekarang ini ya akhi (ditengah zaman yang dipenuhi berbagai fitnah), sangat penting untuk meneliti mengenai jati diri penulis. Mudah-mudahan dengan begitu kita tidak termasuk atau terseret kedalam golongan orang-orang yang menyimpang.

    Jazakallah Khair......

    BalasHapus