paypermails.com
richgoptr.com
workmails.org

Sabtu, 03 Januari 2009

Abdurrahman Al-Sa'dy

Beliau adalah Al ‘Allamah (seorang yang sangat dalam ilmunya), sangat wara’, zuhud, warisan generasi salaf Syaikh Abu Abdillah Abdurrahman bin Nashir bin Abdillah ibn Nashir ibn Hamd Aal Sa’dy Al-Tamimi Al-Najdy Al-Hanbaly.

Kelahirannya
Beliau dilahirkan di kota ‘Unaizah, Qashim, 12 Muharram 1307H.

Perkembangannya
Beliau tumbuh dari kecil sudah menjadi yatim-piatu. ibundanya telah meninggal pada tahun 1310, saat beliau masih berumur 4 tahun; ayah meninggal pada tahun 1313H ketika beliau menginjak umur 7 tahun. Lalu beliau diasuh oleh Ibu tirinya, ia memberikan perhatian yang besar kepada beliau, sehingga beliau amat disayanginya melebihi kasih sayangnya kepada anak-anaknya sendiri, demikian pula saudaranya. Kemudian beliau pindah ke rumah kakak tertuanya, Hamd. Maka, Hamd –lah yang memelihara dan mendidiknya. Hamd adalah seorang yang shalih, selalu menjaga hafalan Al-Qur'an dan melaksanakannya. Bapaknya adalah termasuk dari jajaran ulama, imam masjid di Unaizah, dan sebelum wafatnya ia mewasiatkan kepada anak tertuanya, Hamd, untuk memeliharan beliau.

Mencari Ilmu
Beliau adalah orang yang begitu bersemangat dalam mencari ilmu. Beliau telah hafal Al-Qur'an secara sempurna pada usia 12 tahun. Beliau juga belajar kepada para ulama yang ada di Unaizah dan di kota-kota sekitarnya serta ulama-ulama yang datang dan bermukim di Unaizah. Beliau menghabiskan waktunya untuk belajar dan belajar hingga beliau mampu mencapai ketinggian ilmu yang tiada bandingnya seusianya di zamannya

Akhlaq Beliau
Sejak masa pendidikan awal hingga beranjak remaja, beliau dikenal sebagai seorang yang shalih, menjaga aturan agama, cinta kebaikan, santun kepada orang fakir dan dhuafa. Beliau juga sangat cerdas, suka berdiskusi, tawadhu, santun akhlaqnya dalam bermuamalah baik kepada orang dewasa maupun kawan sebaya dan anak kecil, wara, lagi zuhud. Beliau pernah ditawari untuk menjadi hakim pada tahun 1360H (usia 53 tahun), namun beliau menolaknya karena kesibukannya dalam masalah ilmu. Beliau sangat berjiwa besar, murah senyum, tidak temperamental, banyak di berkumpul bersama orang umum maupun kelompok orang-orang tertentu, dan mudah dalam berbahasa kepada orang lain. Pandangan-pandangan beliau sangat dihormati dan didengar oleh pemerintah serta dicintai oleh masyarakat.

Guru-Guru Beliau

1. Syaikh Muhammad ibn Abdullah ibn Salim (Ulama Buraidah)
2. Syaikh Sulaiman ibn Damigh, guru dalam menghafal Al-Qur'an.
3. Syaikh Ibrahim bin Hamd bin Jasir, guru dalam hadits.
4. Syaikh Muhammad bin Abdul Karim Asy Syibl, guru dalam fiqh nahwu.
5. Syaikh Shalih bin Utsman Qadhi di ‘Unaizah, guru dalam tauhid, tafsir, fikih dan ushul fikih, dan juga nahwu. Beliau adalah guru yang paling banyak dan paling lama ditimba ilmunya oleh Syaikh, beliau belajar padanya lebih dari 20 tahun.
6. Syaikh Abdullah bin ‘Aidh dan Syaikh Sha’ab bin Abdullah at-Tuwaijiri, Syaikh Ali as-Sinani, Syaikh Ali bin Nashir Abu Wadi; guru-guru dalam hadits dan kutubus sittah, maka mereka pun memberikan ijazah kepada beliau untuk meriwayatkan hadits.
7. Syaikh Muhammad Amin Al-Syinqithy ketika masih tinggal di Hijaz dulu, kemudian ia pindah ke kota az-Zubair, guru dalam tafsir, hadits dan mushthalah hadits kepadanya sewaktu ia menetap di kota ‘Unaizah. Beliau mempelajari hadits di sini dengan metode secara sanad riwayat.
8. Syaikh Muhammad ibn Abdil Aziz ibn Muhammad ibn Abdullah Al-Mani', penasihat Departemen Pendidikan KSA;
9. Syaikh Ibrahim ibn Shalih ibn Ibrahim Al-Qahthany.

Murid-Murid Beliau
Banyak sekali orang yang telah mengambil ilmu dari beliau, di antara murid beliau yang terkenal adalah sebagai berikut:

1. Syaikh Muhammad ibn Shalih al-Utsaimin, guru besar di Univ. Islam Muhammad bin Su’ud di Qashim dan menjadi pengganti gurunya sebagai imam di Masjid Jami’ di ‘Unaizah, beliau juga termasuk salah seorang anggota Lembaga Ulama Besar.

2. Syaikh Abdullah ibn Abdul-Aziz ibn ‘Aqil, anggota Lembaga Fatwa dan pemimpin Lembaga Ilmiah Mandiri setelah meninggalnya pemimpin kehakiman yang sebelumnya.

3. Syaikh Ali ibn Hamd Al-Shalihy, orang yang dipercaya oleh Syaikh Muhammad ibn Hamd Al-Muthawi' untuk mengajar para pemula. 4. Syaikh Abdullah ibn Abdurrahman ibn Shalih Al-Bassam, anggota Komisi Ulama Senior KSA

5. Syaikh Muhammad al-Manshur az-Zamil mantan dosen Ma’had al-Ilmi. Unaizah.

6. Syaikh Abdullah ibn Al-Muhammad al-Oahly, dosen Ma’had ‘Ilmi di Makkah.

7. Syaikh Muhammad ibn Muhammad Al-Bassam, Dosen Ma'had Al-Ilmi, Unaizah, KSA, kemudian meneruskan kuliah di Univ. Islam Muhammad ibn Al-Suud, Branch Qashim, setelah lulus, ia menjadi pembaca di Majelisnya Syaikh Al-Sa'dy.

8. Syaikh Sulaiman ibn Shalih ibn Hamd Al-Bassam

9. Syaikh Muhammad ibn Utsman ibn Shalih Al-Qadhy, Imam Masjid Ummu Khimar

10. Syaikh Abdul Aziz ibn Muhammad Al-Salman, Dosen Ma'had Imam Al-Da'wah, Riyadh, KSA.

11. Syaikh Abdurrahman ibn Aqil, Hakim kota Jizan.

12. Syaikh Muhammad ibn Abdurrahman Al-Abdaly,

13. Syaikh Abdullah ibn Abdul ‘Aziz al-Mathawi’ Kakak dari Syaikh Abdul Aziz Al-Muthawwi'

14. Syaikh Muhammad ibn Abdullah ibn Mani'

15. Syaikh Ali ibn Muhammad ibn Zamil Al-Salim, orang yang paling pandai dalam bidang Nahwu di seluruh Nejed (Riyadh –pent).

16. Syaikh Abdullah ibn Abdur-Rahman ibn Muhammad Al-Bassam anggota Komisi Ulama Senior KSA.

17. Syaikh Abdul Aziz ibn Muhammad Al-Bassam, wakil Syaikh Al-Sa'dy untuk urusan Imam Masjid dan Khuthbah.

18. Syaikh Abdullah ibn Hasan Al-Buraikan, Dosen Ma’had Ilmi di Unaizah, KSA.

19. Syaikh Muhammad ibn Sulaiman ibn Abdil Aziz Al-Bassam, tinggal dan mengajar di Makkah.

20. Syaikh Abdul Muhsin Al-Khuraidly, Ketua Pengadilan kota Jizan

21. Dan masih banyak yang lainnya yang tidak bisa disebut satu per satu.

Karya-Karya Beliau

Beliau telah menulis banyak karya yang bermanfaat, kami sebutkan sebagiannya berikut ini:

1. Tafsir Al Quran Al Karim yang bernama Taisir Karim al-Mannan fii Tafsir Al Quran (Mungkin maksudnya Taisir Karim ar-Rahman fi Tafsir Kalam al-Mannan, pent) yang berjumlah 8 jilid, beliau selesai menulisnya pada tahun 1344 H yang telah diterbitkan oleh Maktabah Salafiyah di Mesir.
2. Al-Haq Al-Wadhih Al-Mubin bi Syarh Tauhid Al-Anbiya wa Al-Mursalin (Penjelasan Kitab An-Nunniyah, Ibn Qayyim).
3. Manhaj Al-Salikin wa Taudhih Al-Fiqh fi Al-Din
4. Thariq Al-Wushul ilaa Ilmi Al-Ma'mul
5. Al-Din Al-Shahih Yahill Jami' Al-Masyakil
6. Al-Tanbihat Al-Lathifah alaa Ihtawat alaihi Al-Wasithiyah min Al-Mabahits Al-Munifah
7. Irsyad Uli Al-Albab
8. Bahjah Qulub Al-Abrar
9. Taudhih AL-Kafiyah Al-Syafiyah
10. Al-Khuthab alaa Al-Munasabat
11. Al Khuthab Al ‘Ashriyah.
12. Al-Durrah Al-Bahiyah Syarh Al-Qashidah Al-Taiyah li ibn Taimiyah
13. Risalah Lathifah Jami'ah fii Ushul Al-Fiqh Al-Muhimmah
14. Al-Qawaid Al-Ushul Al-Jamiah
15. Al-Qawaid Al-Hissan li Tafsir Al-Qur'an.
16. Tanzih Al-Din mimma iftharahu Al-Qashimy fii Aghlalih.
17. Wujub Al-Taawun baina Al-Muslimin
18. Al-Qaul Al-Sadid fii Maqashid Al-Tauhid
19. Taisir Lathif Al Mannan fi Khulashati Tafsir Al Quran
20. Al-Adillah Al-Qawiah fii Ibthal Ushul Al-Mulhidin
21. Al-Wasail Al-Mufidah li Al-Hayah Al-Saidah.
22. Dan lain-lain.

Beliau Jatuh Sakit

Pada tahun 1371 H beliau tertimpa sakit penyempitan pembuluh darah sehingga membuat sekujur tubuh beliau menggigil apabila berbicara selama beberapa jam, maka beliau menghentikan aktivitasnya, apabila membaca Al-Quran lalu berbicara maka kembalilah kondisinya seperti biasanya. Dengan kondisi seperti itu beliau berangkat ke Libanon pada tahun 1372 H berkat pembiayaan dari Pemerintah Saudi Arabia. Beliau berobat di Libanon selama sebulan untuk menjalani terapi hingga sembuh. Di sana banyak berkenalan dengan para ulama Libanon, diantaranya adalah Syaikh Al-Allamah Muhammad Nashiruddin Al-Albany.

Sesudah kembali ke kota ‘Unaizah beliau langsung meneruskan aktivitas-aktivitasnya sebagaimana sedia kala yaitu memberikan pelajaran, berfatwa, menulis, khutbah Jum’at, menjadi imam sholat. Maka sakitnya kembali kambuh. Pada bulan Jumadil Akhirah tahun 1376 H beliau merasakan kembali penyakit yang lebih parah hingga suhu tubuh yang mendingin dan badannya menggigil pada malam Rabu tanggal 22 di bulan tersebut pada tahun 1376 H itu terjadi sesudah beliau selesai mengajar yang biasa dilakukannya, seperti pengajian-pengajian beliau yang lainnya. Kronologinya, beliau menyampaikan pelajaran di hadapan jamaah di mesjid, dan sesudah memberikan pelajaran tiba-tiba beliau merasakan berat dan tubuhnya tidak bisa digerakkan. Sesudah sholat selesai beliau memberi isyarat kepada sebagian muridnya untuk memapahnya dan pergi menuntun beliau kembali ke rumahnya. Maka hal itu dilakukan sehingga bangkitlah beberapa orang dari hadirin untuk memapah beliau, dalam perjalanan ke rumah beliau sudah pingsan di tengah jalan. Sesudah itu beliau kembali siuman dan beliau memuji dan bersyukur kepada Alloh dan bercakap-cakap bersama para hadirin dengan pembicaraan baik dan menyenangkan lalu beliau kembali jatuh pingsan sehingga tidak berbicara lagi sesudah itu, tatkala tiba hari Rabu pagi mereka pun memanggil dokter. Dokter itu mendiagnosis penyakit beliau dan berkesimpulan bahwa beliau menderita pendarahan di otak, apabila hal itu tidak segera ditangani maka kemungkinan besar akan wafat.

Maka dengan segera mereka menelegram kepada Raja Saudi agar mengirimkan pesawat khusus beserta dokter dan paramedisnya untuk segera ditangani. Raja pun sudah mengirimkan permintaan masyarakat Unaizah. Namun pesawat tidak bisa mendarat karena cuaca yang sangat buruk, angin bertiup sangat kecang, petir menyambar-nyambar, langit terlihat sangat gelap. Dan pada saat itulah Allah menjemput nyawa Syaikh Al-Sa'dy ke hadirat-Nya. Beliau meninggal pada usia 69 tahun, yaitu saat sebelum subuh, Kamis, 22 Jumadal Akhirah 1376H.

http://www.siwakz.net/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&cid=45&artid=115

Tidak ada komentar:

Posting Komentar