paypermails.com
richgoptr.com
workmails.org

Sabtu, 03 Januari 2009

Muhammad ibn Shalih Al-Utsaimin

Siapa yang tidak kenal, di zaman kini, Syaikh ibn Utsaimin? Beliaulah orang yang ilmunya menjulang tinggi, diakui keutamaan dan luhurnya kedudukan beliau baik oleh orang dekatnya maupun yang jauhnya. Beliau adalah orang yang benar-benar berilmu tinggi, pendidik, yang utama, budi pekertinya patut dicontoh baik dalam ilmu dan kezuhudan, kejujuran, ketulusan, ikhlas, tawadhu, wara', dan bahkan dalam berfatwa. Beliau adalah Syaikh dalam aqidah, fiqh, sirah nabawiyah, ushul, nahwu, dan cabang-cabang ilmu Islam lainnya.

Nama dan Kelahiran
Abu Abdillah Muhammad ibn Shalih ibn Muhammad ibn Sulaiman, ibn Abdurrahman Al-Utsaimin Al-Wuhaiby Al-Tamimy. Beliau lahir pada malam 27 Ramadhan 1347 (selisih 8 tahun dengan Syaikh Abdul Aziz Al-Muhammad Al-Salman -pent), di Unaizah, Saudi Arabia.

Pendidikan.

1. Belajar Al-Qur'an dari kakeknya --jalur ibunya—yaitu Syaikh Abdurrahman ibn Sulaiman Al-Damigh.

2. Belajar tulis-menulis, bahasa, dan matematika di salah satu madrasah di Unaizah.

3. Sudah menyelesaikan hafalan Al-Qur'an, kitab-kitab hadits ringkas, dan fiqh dalam usia yang masih sangat belia.

4. Belajar ke murid-murid senior Syaikh Abdurrahman ibn Nashir Al-Sa'dy, diantaranya Syaikh Abdul Aziz Al-Muthawi'.

5. Belajar kepada Syaikh Abdurrahman ibn Nashir Al-Sa'dy dalam bidang ilmu tafsir, hadits, tauhid, fiqh, ushul fiqh, ilmu waris, dan lain-lain.

6. Mulazamah kepada Syaikh Abdurrahman ibn Ali ibn Oadan dalam bidang ilmu waris ketika ibn Oadan menjadi Qadhi (hakim) di Unaizah.

7. Mulazamah kepada Syaikh Abdurrazaq Afify dalam bidang nahwu, balaghah ketika Syaikh Abdurrazaq Afify tinggal di Unaizah.

8. Dengan seizin Syaikh Abdurrahman Al-Sa'dy, beliau masuk Ma'had Al-Ilmy di Riyadh, pada tahun 1372 H (dua tahun). Di sini, beliau banyak belajar dari Syaikh Al-Allamah Muhammad Amin Al-Syinqithy, Syaikh Abdu Aziz ibnNashir, ibn Rasyid, Syaikh Abdurrahman Al-Afriqy, dan yang lainnya.

9. Belajar kepada Syaikh Abdul Aziz ibn Abdullah ibn Baaz di masjidnya tentang kitab Shahih Al-Bukhari, sebagian kitab-kitab Syaikhul Islam ibn Taimiyah. Dari ibn Baaz, beliau belajar banyak tentang ilmu hadits, cara menelaah berbagai pendapat dari berbagai madzhab, studi komparasional fiqh madzhab.

10. Setelah selesai di Ma'had Al-Ilmy di Riyadh, beliau meneruskan studinya di perguruan tinggi di Univ. Imam Muhammad ibn Su'ud, Riyadh.

Profesi dan Karya Ilmiah

1. Mulai mengajar pada tahun 1370 H (usia 23 tahun) di masjid raya Unaizah di zaman Syaikh Al-Sa'dy setelah lulus dari Ma'had Al-Ilmy Riyadh dan ditetapkan sebagai dosen di Ma'had tersebut pada tahun 1374H hingga tahun 1398 H (usia 51 tahun).

2. Pada tahun 1376, Syaikh Al-Sa'dy meninggal dunia, maka beliau menggantikannya menjadi imam, khathib, di masjid raya Unaizah, mengajar di perpustakaan kota Unaizah dimana perpustakaan tersebut sendiri didirikanoleh Syaikh Al-Sa'dy pada tahun 1359H.

3. Semua aktivitas pengajaran, ceramah dipindahkan ke masjid raya Unaizah setelah perpustakaan tidak mencukupi karena banyaknya peserta yang hadir. Hal inidilakukannya hingga beliau wafat.

4. Menjadi dosen fakultas syariah dan ushuluddin di Univ. Islam Muhammad ibn AL-Su'ud cabang Unaizah (1398 /1399 H hingga beliau wafat).

5. Memberikan kuliah di Masjid Al-haram (Mekkah) dan masjid Nabawy pada musim haji dan bulan Ramadhan serta fase liburan musim panas.

6. Aktif dalam berbagai komisi dan perkumpulan ilmiah di Saudi Arabia.

7. Memberikan kuliah via telepon baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

8. Menjadi ketua Jam'iyah Tahfidz Al-Qur'an di Unaizah dari sejak didirikan pada tahun 1405H (usia 58 tahun) hingga beliau wafat.

9. Angggota Dewan ilmiah Univ. Muhammad ibn Al-Su'ud, selama 2 tahun akademik (1398/1399 – 1399/1400H).

10. Anggota tim dosen fakultas syariah dan ushuluddin Univ. Muhammad ibn Al-Su'ud cabang Unaizah, ketua jurusan Aqidah.

11. Anggota Komite Ulama Senior Saudi Arabia (Haiah Kibar Ulama) sejak 1407 (usia 60 tahun) hingga wafat.

Wafat

Beliau wafat pada saat menjelang maghrib, Rabu, 15 Syawwal 1421 H di kota Jeddah dan disholatkan di Masjid Al-Haram, Mekkah, ba'da Ashar, Kamis, 16 Syawwal 1421H.

http://www.siwakz.net/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&cid=45&artid=112

Tidak ada komentar:

Posting Komentar